BerandaLiga IndonesiaSK PSSI Bahas Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2

SK PSSI Bahas Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2

SK PSSI terbaru soal penundaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 baru saja dikeluarkan dengan nomor SKEP/69/XI/2020. Selain penundaan kompetisi, skema gaji juga dibahas di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui, sebenarnya Liga 1 dan Liga 2 sendiri awalnya akan kembali bergulir pada Oktober atau November 2020 ini. Tapi karena izin Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tak keluar, akhirnya SK ini pun dirilis.

SK yang dirilis oleh PSSI pada tanggal 16 November 2020 kemarin, menyebut bahwa sesuai ketetapan komopetisi akan baru bisa digelar pada Februari 2021 mendatang.

“Pelaksanaan kompetisi sebagaimana tercantum pada ketetapan pertama adalah bulan Februari 2021 dengan memperhatikan ketentuan protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah,” bunyi poin kedua di SK PSSI tersebut.

Selain itu, SK PSSI ini juga membahas skema gaji pemain dan pelatih yang harus dibayarkan oleh klub. Untuk saat ini, gaji masih 25 persen, tapi akan berangsur naik ke 50 persen di Liga 1 dan 60 persen di Liga 2.

“Berdasarkan ketetapan pertama dan kedua, dikarenakan kompetisi tidak dapat dimulai akibat pandemi Covid-19 belum mereda sebagaimana ketetapan pemerintah, maka klub dapat menerapkan kebijakan pembayaran gaji pemain, pelatih, dan ofisial mulai Oktober sampai dengan Desember 2020 dengan pembayaran maksimal 25 persen dari kwajiban yang tertera dalam perjanjian kerja sampai dengan dimulainya kompetisi,” tulis PSSI pada poin empat.

“Apabila kompetisi telah efektif untuk dapat dimulai, maka klub Liga 1 dan Liga 2 dapat melakukan kesepakatan ulang bersama dengan pelatih dan pemain. Perubahan nilai kontrak untuk Liga 1 dengan kisaran 50 persen dan Liga 2 dengan kisaran 60 persen dari nilai kontrak atau sekurang-kurangnya di atas upah minimum regional yang berlaku di masing-masing domisili klub, dan diberlakukan satu bulan sebelum kompetisi dimulai sampai dengan berakhirnya kompetisi yang dimaksud.”

Yang berarti klub-klub Liga 1 saat ini masih bisa membayar gaji para pemain hanya 25 persen. Namun sebulan sebelum kompetisi bergulir, yakni bulan Januari, mereka harus membayar sebesar 50 persen.

SK PSSI Bahas Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2
Jan Sepele Manalu
Football Addict, Jago FIFA, Suka Main Football Manager. Mantan jurnalis sebuah portal berita olahraga dengan spesialisasi sepak bola. Suka menulis informasi berita, feature, semi-analisis atau analisis panjang tentang sepak bola. Sedari lahir sudah Romanisti. Forza Roma.
Berita Sepak Bola Lainnya

Tinggalkan Balasan

Masukkan Komentar Mu
Masukkan Nama Mu Disini

Klasemen Sementara