BerandaLiga IndonesiaPerjalanan Karir Dejan Antonic di Indonesia

Perjalanan Karir Dejan Antonic di Indonesia

Tak banyak pelatih asing yang sempat merasakan pengalaman lengkap selama menjalani karirnya di Indonesia. Pengalaman itu ialah jadi pemain di Indonesia sampai berganti profesi menjadi pelatih. Dejan Antonic adalah satu diantaranya.

2 pemain asing kelahiran Brasil, Jacksen Tiago dan Luciano Leandro, merupakan contohnya. Leandro sempat membela Persija Jakarta. Selanjutnya dia sempat menangani klub seperti Persipura Jayapura.

Sedangkan Jacksen Tiago, merengkuh berbagai kesuksesan di Tanah Air. Dia berhasil membawa Persebaya Surabaya jadi juara ketika masih aktif bermain. Jacksen juga terbilang sukses sebagai manager, dengan mengantarkan Persipura menjuarai liga.

Tak ketinggalan pelatih seperti Dejan Antonic turut masuk kedalam daftar warga asing yang lumayan familiar dalam dunia sepakbola Indonesia. Tak hanya sebagai manager yang menjadi statusnya sekarang ini, tapi pria kelahiran Serbia itu memiliki pengalaman panjang menjadi pemain.

Dejan Antonic adalah eks pemain Timnas Yugoslavia di akhir era 80-an. Dia sempat mendapat pengalaman bermain di Indonesia di era 1995 hingga 1998.

Tercatat Dejan sempat membela Persema Malang, Persebaya Surabaya, serta Persita Tangerang. Meskipun tak begitu terlihat prestasinya ketika masih menjadi pemain di 3 tim berbeda, setidaknya dia memiliki pengalaman bermain di Tanah Air.

Beberapa Klub yang Pernah Dilatih Dejan Antonic

Dejan memutuskan pensiun pada tahun 2005. Tim Hongkong, Kitchee SC, jadi klub terakhir pada karirnya dan selanjutnya beralih profesio sebagai pelatih. Kitchee SC juga adalah klub pertama yang dia latih.

Tahun 2012, Dejan kembali ke Indonesia, tetapi sebagai pelatih. Klub Indonesia pertama yang dilatih adalah Arema Indonesia, selanjutnya pindah ke beberapa tim seperti Madura United, Borneo FC, Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Pro Duta, dan saat iniĀ  PSS Sleman.

Dinanti Tugas Berat

Dengan berbagai pengalaman yang dia peroleh, Dejan Antonic tentunya sangat fasih dengan gaya permainan sepakbola Indonesia. Tapi, tugas yang cukup berat berada di pundaknya, selepas ditunjuk menjadi pelatih anyar PSS Sleman.

Diketahui bahwa PSS menunjuk Dejan sebagai pelatih, satu pekan jelang Liga 1 2020 dimulai. Dejan dipilih managemen tim Elang Jawa selepas Eduardo Perez memilih mundur.

Bahkan, Dejan baru dapat memimpin klubnya berlaga di atas lapangan pada pekan ke-2, dimana PSS Sleman bermain imbang dengan skor 0-0 melawan Tira Persikabo, Minggu 8 Maret 2020. Dejan Antonic harus mengembalikan prestasi apik PSS seperti ketika ditangani Seto Nurdiyantoro pada musim 2019, yang berhasil finis di posisi ke-8.

Mantan punggawa Red Star Belgrade itu dikenal sebagai sosok yang suka memunculkan pemain muda. Selain itu juga, karakter khas negara kawasan Eropa Timur yang selalu disiplin serta mengandalkan kekuatan fisik dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk PSS.

Keberadaan Aaron Evans di lini belakang, Zah Rahan di lini tengah, serta Irfan Bachdim, membuat Dejan bisa menjalankan taktiknya dengan bagus.

Perjalanan Karir Dejan Antonic di Indonesia
Amanda
Aku memang perempuan. Tapi aku memang menyukai semua seluk beluk mengenai olahraga sepak bola yang kebanyakan di gandrungi oleh para pria. Tidak memungkiri juga sih kalau aku memang melihat beberapa pemain bola yang aku idolakan itu karena mereka ganteng ^^). Dan makin mendukung, karena aku juga hobi nulis, jadi aku seneng banget menjadi penulis berita bola disini. Terima kasih.
Berita Sepak Bola Lainnya

Tinggalkan Balasan

Masukkan Komentar Mu
Masukkan Nama Mu Disini

Klasemen Sementara