BerandaLiga Inggris8 Fakta Menarik Pasca City Juarai Piala Liga

8 Fakta Menarik Pasca City Juarai Piala Liga

Manchester City berhasil mengalahkan Aston Villa 2-1 di pertandingan final Piala Liga, Minggu 1 Maret 2020, dini hari WIB. Kemenangan tersebut membuat City berhask atas raihan gelar juara.

Menjalani laga di Wembley Stadium, klub berjuluk The Cityzen itu tampil dominan semenjak babak pertama dimulai.  Skuat arahan pelatih Pep Guardiola tersebut mengumpulkan 70% ball possession, berbanding 30% milik Aston Villa.

City juga melakukan 22 tendangan yang 4 diantaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, The Villas hanya mendapatkan 3 kesempatan emas dalam 5 kali percobaan.

Bermain impresif, The Cityzen mampu unggul 2 gol ketika pertandingan baru berjalan setengah permainan. Kedua gol Citydiciptakan oleh Sergio Aguero di menit ke 20’ dan Rodri Hernanez di menit ke 30’.

Sementara itu, The Villa hanya mampu memperkecil skor dari Mbwana Ally Samatta di menit ke 41’. Hingga pertandingan bubaran, skor tipis 2-1 bagi kemenangan Manchester City terus bertahan.

Hasil apik ini membuat The Cityzen berhak atas titel Piala Liga pada musim 2019/20, dan juga yang ketiga secara berturut-turut. Sebelumnya, City sukses meraih titel Piala Liga Inggris pada musim 2017/18 dan 2018/19.

Sampai saat ini, mereka sudah mengumpulkan 7 gelar juara di kompetisi yang sudah berjalan sejak 1960 itu. Man City tertinggal 1 trofi dari Liverpool yang menjadi kesebelasan tersukses di ajang Piala Liga.

Beberapa fakta menarik pun juga tersaji pasca laga Manchester City melawan Aston Villa. Berikut adalah rinciannya.

Kesebelasan Kedua

  • Manchester City merupakan tim kedua yang berhasil menggondol gelar Piala Liga secara berturut-turut, selepas Liverpool di musim 1980/81 hingga 1983/84 [dengan 4 titel juara].
  • Hanya Liverpool [8 trofi] yang mendapatkan gelar jawara Piala Liga lebih banyak daripada Manchester City [7 trofi].
  • Hanya Arsenal [6 kali] yang jadi runner up paling banyak di kompetisi Piala Liga Inggris, ketimbang Aston Villa [4 kali, serupa dengan Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Liverpool].
  • Kini, Pep Guardiola sudah mendapatkan 3 gelar Piala Liga, yakni pada musim 2018, 2019, dan 2020. Pelatih asal Spanyol itu kalah melawan Jose Mourinho, Brian Clough, dan Sir Alex Ferguson yang sama-sama mendapatkan 4 kali gelar jawara di Piala Liga Inggris sebagai pelatih.

Sergio Aguero, Striker Tersubur di Piala Liga

  • Aston Villa sudah menciptakan 2 gol di panggung Piala Liga musim 2019/20. Tim terakhir yang menciptakan 20 gol ataupun lebih dalam semusim Piala Liga Inggris ialah Manchester City, tepatnya pada musim 2013/14 dengan raihan 22 gol.
  • Sergio Aguero berhasil menciptakan 10 gol dari 6 laga terakhirnya menghadapi Aston Villa.
  • Semenjak melakukan debut pada Piala Liga Inggris, November 2011 silam, Aguero sudah mengoleksi lebih banyak gol dalam kompetisi ini ketimbang pemain lainnya dengan 11 gol.
  • Penyerang Aston Villa, Mbwana Samatta jadi pemain asal Afrika ke-5 yang membuat gol dalam final Piala Liga, selepas Yaya Toure [4 gol], Obafemi Martins, Joseph Desire Job, dan Didier Drogba.
8 Fakta Menarik Pasca City Juarai Piala Liga
Amanda
Aku memang perempuan. Tapi aku memang menyukai semua seluk beluk mengenai olahraga sepak bola yang kebanyakan di gandrungi oleh para pria. Tidak memungkiri juga sih kalau aku memang melihat beberapa pemain bola yang aku idolakan itu karena mereka ganteng ^^). Dan makin mendukung, karena aku juga hobi nulis, jadi aku seneng banget menjadi penulis berita bola disini. Terima kasih.
Berita Sepak Bola Lainnya

Tinggalkan Balasan

Masukkan Komentar Mu
Masukkan Nama Mu Disini

Klasemen Sementara