BerandaLiga Inggris5 Hal Menarik Mikel Artetas yang Jarang Diketahui

5 Hal Menarik Mikel Artetas yang Jarang Diketahui

Calon pelatih baru Arsenal saat ini mengarah kuat kepada asisten pelatih Manchester City, yakni Mikel Arteta. Ia diyakini jadi kandidat pelatih baru selepas petinggi Meriam London terlihat meninggalkan kediaman Arteta, Senin 16 Desember 2019.

Dibawah asuhan Freddie Ljungberg, performa Arsenal tidak memperlihatkan peningkatan. Bahkan Ljungberg secara terbuka meminta petinggi Arsenal untuk mencari pelatih baru agar mantan klubnya itu tidak semakin terpuruk. Mikel Arteta dinilai jadi salah satu calon kuat.

Selain Arteta, pelatih lain yang sempat dikaitkan adalah Massimiliano Allegri, Carlo Ancelotti, Patrick Vieira, hingga Mauricio Pochettino.

Selain sebagai asisten pelatih The Cityzen, Mikel Arteta dikenal sebagai bekas pemain Everton serta tentu saja 5 tahun membela Meriam London. Berikut adalah hal menarik Arteta yang jarang sekali disorot.

Pernah Mendapat Masalah Gangguan Jantung

Mimpi Mikel Arteta untuk menekuni dunia sepakbola mungkin tidak akan pernah tersampaikan bila masalah jantung yang ia alami ketika masih bayi belum terpecahkan.

Arteta sempat mengalami masalah langka, yakni jantungnya tidak mendapatkan jatah darah bersih yang pas. Ia perlu melakukan operasi serta dokter menyatakan bahwa operasi tersebut bakal membuat Arteta tidak dapat melakukan kegiatan berat di masa depan.

Berteman dengan Xabi Alonso Semenjak Masih Bocah

Karir Mikel Arteta dimulai ketika dirinya bergabung ke akademi tim Antiguoko. Dalam akademi itu ia kenal dengan sosok Xabi Alonso dan selanjutnya berteman. Mereka sering bermain bola di tepi pantau. Mereka juga sama-sama punya mimpi bermain dengan Real Sociedad.

Di usia 15 tahun, Arteta bergabung dengan Barcelona B, sementara Xabi Alonso diikat kontrak dengan Real Sociedad.

Sulit Tolak Tawaran Pep Guardiola

Pada tahun 2016, Mikel Arteta memutuskan untuk pensiun. Diyakini bahwa Arteta banyak belajar dari Arsene Wenger. Banyak pihak yang memprediksi bahwa Arteta bakal tetap bertahan di Emirates Stadium untuk jadi anggota tim kepelatihan.

Tapi, ia sulit menolak tawaran untuk bekerjasa di Manchester City bersama Pep Guardiola pada tahun tersebut. Sampai sekarang, Arteta sudah mendampingi City pada 198 laga.

Sempat Diminta Guardiola Tentukan Skuat City Lawan Arsenal

Baru 3 bulan bekerja, Arteta sudah mendapatkan tugas yang berat. Kala itu, Pep Guardiola mempercayainya memilih para pemain untuk melawan bekas klubnya, Arsenal. Kisah tersebut tertuang dalam buku ‘Pep’s City – the Making of a Superteam’ yang ditulis Pol Ballus dan Martin

“Mikel tahu mereka [Arsenal] lebih bagus ketimbang saya. Ia baru berhenti 2 bulan lalu. Ia tahu apa yang mungkin bakal dilakukan Arsene Wenger serta saya betul-betul tidak ragu untuk mempercayakan pertandingan ini kepadanya,” ujar Guardiola dalam buku itu.

Manchester City sukses menang atas Arsenal dengan skor 2-1 dan rencana pun berjalan lancar.

Menikah dengan Mantan Ratu Kecantikan Spanyol

Selama 9 tahun lamanya, Mikel Arteta sudah menikah dengan wanita bernama Lorena Bernal, yang sempat mengikuti ajang Miss World. Mereka pun bertemu pada tahun 2002. Bernal dirumorkan kala itu tak mengetahui bahwa Arteta merupakan pemain sepakbola.

Bernal lahir di Argentina, selanjutnya pindah ke Spanyol ketika berumur 1 tahun. Selepas 7 tahun, ia mulai bergelud dengan dunia model. Saat berumur 17 tahun, ia memenangkan kontes Miss Spanyol.

Tapi, lantaran masih muda, ia tidak diperbolehkan berjuang di Miss Universe. Tetapi, Bernal tetap dapat berjuang di Miss World, serta masuk posisi 10 besar. Kedua pasangan itu, kali pertama dianugerahi anak pada tahun 2009 dan sekarang mereka sudah mempunyai 3 orang anak.

5 Hal Menarik Mikel Artetas yang Jarang Diketahui
Amanda
Aku memang perempuan. Tapi aku memang menyukai semua seluk beluk mengenai olahraga sepak bola yang kebanyakan di gandrungi oleh para pria. Tidak memungkiri juga sih kalau aku memang melihat beberapa pemain bola yang aku idolakan itu karena mereka ganteng ^^). Dan makin mendukung, karena aku juga hobi nulis, jadi aku seneng banget menjadi penulis berita bola disini. Terima kasih.
Berita Sepak Bola Lainnya

Tinggalkan Balasan

Masukkan Komentar Mu
Masukkan Nama Mu Disini

Klasemen Sementara