BerandaLiga Indonesia4 Tim Jago Tandang di Liga 1 2019

4 Tim Jago Tandang di Liga 1 2019

 

Untuk bisa memenangkan laga tandang Liga Indonesia sulit sekali. Sebuah tim tak hanya melawan tekanan psikologis fans tuan rumah, tetapi juga beberapa hal non teknis seperti kepemimpinan wasit berat sebelah.

Kasus klub tim tamu protes kepada wasit lantaran putusan kontroversial seperti kartu kuning serta merah tidak beralasan, ataupun hukuman penalti tiba-tiba tanpa adanya alasan yang jelas, seringkali terjadi.

Dari statistik, ada 4 tim jago tandang di Liga 1 2019, mereka adalah:

Tira Persikabo

Tidak ada satupun yang memprediksi bahwa Tira Persikabo akan menjadi klub stabil di papan atas klasemen. Berkaca di jejak rekam mereka pada beberapa tahun belakang, tim berjuluk The Army itu stagnan di papan bawah.

Tira Persikabo berhasil membuat rekor baru di liga dengan status belum terkalahkan di 13 pertandingan.

Catatan sempurna milik Tira Persikabo itu baru berakhir pada Kamis kemarin, ketika dilibas Bali United dengan skor 2-1. Uniknya lagi mereka kalah di depan pendukungnya sendiri, Stadion Pakansari.

Tira Persikabo menjadi klub yang paling sering memetik kemenangan di kandang lawan. Mereka berhasil mengalahkan PSIS Semarang [2-0], Semen Padang [1-3], Barito Putera [2-4], dan Arema [1-2].

Bila Tira Persikabo mampu stabil untuk mempertahankan kekuatan mereka, tidak menutup kemungkinanĀ  mereka berhasil membawa pulang gelar juara Liga 1 musim ini.

PSS Sleman

Berstatus sebagai tim promosi di kasta teratas, tidak ada yang memprediksi bahwa PSS Sleman mampu kompetitif untuk saat ini.

Elang Jawa tidak jor-joran ketika berbelanja pemain. Hanya permainan yang mengutamakan kolektivitas racikan Seto Nurdiantoro malah menjadi kekuatan menakutkan.

PSS mampu memetik hasil brilian ketika mengalahkan Madura United di markas lawan 1-0. Kemudian menghantam Kalteng Putra 0-2 serta Perseru Badak Lampung FC 0-2, lebih hebatnya lagi, PSS sempat menahan imbang tim kuat Persipura Jayapura 1-1 di Stadion Mandala, Jayapura, yang berstatus angker dan hanya sekali kalah melawan Bali United 3-1.

Tapi sayangnya penampilan apik dalam pertandingan tandang tidak dibarengi stabilitas ketika menjamu klub lawan. Berlaga di Stadion Maguwoharjo, PSS seringkali tersandung.

 

Madura United

Madura United adalah klub bertabur bintang serta konsisten untuk meramaikan papan atas klasemen dalam 3 tahun terakhir.

Musim ini, tim arahan Dejan Antonic itu mulai berbenah, pelan tapi pasti Laskar Sapeh Kerab terlihat garang ketika melawan ke kandang lawan.

Mereka sering mencuri hasil seri ketika berlaga di luar Pulau Madura. Catatan sensasional mereka ketika mempermalukan Arema FC dengan skor 0-1 di Stadion Kajuruhan.

Madura United juga pernah mencatatkan kemenangan 2-0 melawan Persela Lamongan di Stadion Surajaya. Hasil-hasil itu membuat Madura United mamou stabil di papan atas klasemen, dengan menempel ketat Tira Persikabo serta Bali United.

Bali United

Bali United menjadi klub unggulan pertama memenangkan gelar juara Liga 1 2019. Managemen klub merekrut Stefano Cugurra Teco yang pada musim kemarin berhasil membawa Persija Jakarta jadi juara di kompetisi serta turnamen Piala Presiden.

Kehadiran pelatih asal Brasil itu diikuti dengan bergabungnya beberapa bintang. Sebut saja Gunawan Dwi Cahyo, Willian Pacheco, dan Paulo Sergio, menambah sederet pesepakbola kelas atas dalam skuat Bali United.

Benar saja, Serdadu Tridatu langsung tancap gas di Liga 1 2019. Mereka menjadi kesebelasan yang terlalu kuat ketika bermain di kandang sendiri atau tandang.

Lihat saja ketika mereka mengalahkan Persib Bandung di Stadion SI Jalak Harupat 2-0. Semuanya tahu betapa sulitnya dapat menang melawan Pangeran Biru ketika mereka berlaga di depan publik sendiri.

4 Tim Jago Tandang di Liga 1 2019
Amanda
Aku memang perempuan. Tapi aku memang menyukai semua seluk beluk mengenai olahraga sepak bola yang kebanyakan di gandrungi oleh para pria. Tidak memungkiri juga sih kalau aku memang melihat beberapa pemain bola yang aku idolakan itu karena mereka ganteng ^^). Dan makin mendukung, karena aku juga hobi nulis, jadi aku seneng banget menjadi penulis berita bola disini. Terima kasih.
Berita Sepak Bola Lainnya

Tinggalkan Balasan

Masukkan Komentar Mu
Masukkan Nama Mu Disini

Klasemen Sementara