BerandaLiga Spanyol4 Kesalahan Florentino Peres di Real Madrid

4 Kesalahan Florentino Peres di Real Madrid

Presiden Real Madrid, Florentino Perez sudah mempersembahkan berbagai gelar prestisius untuk Los Blancos. Tapi, tidak berarti dia tanpa kesalahan.

Meski kegigihannya mendatangkan pemain bintang ke Real Madrid banjir sanjungan, dia juga tak pernah dari ‘catatan buruk’ di mata suporter.

Datang pada 2000 dan langsung membuat projek Galactico dengan misi memboyong para pemain terbaik dunia. Memang dia menepatinya janjinya, namun di sisi lain ia juga membuat beberapa kesalahan fatal.

Melepas Vicente Del Bosque

Mendepak Vicente Del Bisque pada musim 2003 jadi satu diantara opsi terburuk di sejarah Real Madrid.

Selama 4 musim menahkodai El Real, Del Bosque berhasil  meraih 2 trofi La Liga, 2 gelar Liga Champions, 1 Piala Super Spanyol, 1 Piala Super Eropa, serta Piala Intercontinental. Harusnya dia pantas mendapat kontrak baru serta tambahan gaji, bukan?

Tapi, Perez tak menghargainya seperti orang lain. Dia justru merekrut pemain tanpa berkonsultasi dengan Bosque.

Hasilnya? Los Blancos kemudian jarang meraih gelar selama 10 tahun selanjutnya.

Lepas Claude Makelele

Claude Makelele sering disebut mesin sektor gelandang Real madrid. Madrid meraih 7 gelar selama 3 musim Makelele bermain di sana pada musim 2000 hingga 2003 termasuk 1 Liga Champions dan 2 La Liga. Namun, pemecatan Del Bosque merubah banyak hal.

Merasa cemas dengan perannya, Makelele kemudian meminta Perez menaikkan gajinya, namun Perez menampik hal tersebut.

Selanjutnya Perez malah membiar sang gelandang bergabung dengan Chelsea dengan mahar 20 juta euro. Dia mengantarkan Chelsea meraih 2 trofi Liga Inggris. Sementara itu, Los Blancos justru terpuruk selepas kepergiannya.

Projek Galacticos

Sebelum menjadi presiden Real Madrid, Perez menjanjikan projek Galacticos dengan cara mendatangkan pemain hebat dari penjuru dunia.

Dia memang menepati janji. Ia langsung menunjukkan taringnya dengan menggaet Luis Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo Nazario, dan David Beckham.

Tapi, kebijakan mendatangkan pemain dengan dasar reputasi serta market nyatanya jadi blunder fatal. Memang betul, projek Galacticos boleh dibilang sukses dalam sergi marketing.

Namun, hasil di atas lapangan justru bertolak belakang, membuat El Real tanpa trofi dalam 3 tahun pada 2002/03 sampai 2006/07.

Lepas Cristiano Ronaldo

Mau tidak mau Florentino Perez harus melepas Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018 ke Juventus, dan itu adalah kesalahan yang begitu fatal. Ia belum menemukan suksesor Ronaldo serta catatan golnya yang fantastis.

Selama di Santiago Bernabeu, Ronaldo berhasil memborong 450 gol dari 438 pertandingan dan 44 kali hattrick.

Namun, Perez tidak menghargai Ronaldo dengan cara serupa yang dilakukan oleh Barcelona kepada Lionel Messi.

“Aku merasa dalam klub, khususnya dari presiden, bahwa mereka tidak lagi memandangku dengan cara serupa seperti di masa awal,” ujar Ronaldo seperti dikutip ESPN FC.

“Selama 4 atau 5 musim awalku disana, aku punya perasaan jadi Cristiano Ronaldo. Selepas itu langsung banyak berkurang. Presiden menatapku lewat mata yang tak ingin mengatakan hal yang serupa, seperti saya tak lagi dibutuhkan mereka, jika kalian tahu apa yang ku maksut.”

“Aku bergabung ke Juventus bukan karena uang. Gajiku sama dengan yang di Madrid. Perbedaannya adalah bersama Juventus, mereka betul-betul menginginkan saya. Bahkan mereka sangat jelas berkata seperti itu. Mereka memperlihatkannya kepada saya.”

“Itulah yang membuatku memikirkan pergi. Aku merasa presiden tidak akan menahanku untuk kemana-mana.”

“Jika semuanya soal uang, maka saya akan bergabung ke Liga Cina, yang dimana aku akan menerima gaji 5 kali lipat ketimbang di sini [Juventus] atau di Real Madrid,” cetus eks pemain Manchester United tersebut.

4 Kesalahan Florentino Peres di Real Madrid
Amanda
Aku memang perempuan. Tapi aku memang menyukai semua seluk beluk mengenai olahraga sepak bola yang kebanyakan di gandrungi oleh para pria. Tidak memungkiri juga sih kalau aku memang melihat beberapa pemain bola yang aku idolakan itu karena mereka ganteng ^^). Dan makin mendukung, karena aku juga hobi nulis, jadi aku seneng banget menjadi penulis berita bola disini. Terima kasih.
Berita Sepak Bola Lainnya

Tinggalkan Balasan

Masukkan Komentar Mu
Masukkan Nama Mu Disini

Klasemen Sementara